Curhatan IELSP ku


Hari yang cerah di suatu pagi, tanggal 16 September 2011, ku buka facebook ku, eh.. ternyata ada inbox dari bagian Kemahasiswaan kampusku, isinya kurang lebih : “tgl 19 september akan ada presentasi Beasiswa The Indonesia English Language Study Program hanya untuk 20 orang mahasiswa fisip.. minimal smester 5..yg berminat silahkan datang ke direktorat lt.3 jam 09.00. segera daftar”. Wah, pikirku boleh juga. Oiya saat ini saya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Semester akhir di Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan Barat.
Tanggal 19 September 2011, pergilah saya ke bagian direktorat UNTAN, saat itu masih belum banyak yang datang, seminarnya malah terlambat setengah jam dari waktu yang telah di tentukan. Di mulai dengan kata sambutan oleh Rektor Untan, acara pun di mulai. Ternyata banyak juga pesertanya. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang di selenggarakan oleh IIEF (The Indonesian International Education Foundation) yaitu organisasi non-profit yang mempromosikan perkembangan orang- orang Indonesia melalui pendidikan dan pertukaran pelajar Internasional, untuk lebih jelas tentang IIEF silahkan lihat di sini. Pembahas mulai menjelaskan tentang beasiswa yang di sebut dengan IELSP ini,
Apakah IELSP itu?
Indonesia English Language Study Program adalah program beasiswa yang menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di Universitas- universitas di Amerika Selama 8 (delapan) minggu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Peserta, khususnya dalam English for Academic Purposes. Selain itu peserta akan memiliki kesempatan untuk mempelajari secara langsung kebudayaan dan masyarakat Amerika Serikat karena peserta akan mengikuti program Immersion dalam kelas internasional dimana mereka akan bergabung dengan berbagai peserta lain dari berbagai bangsa dan negara. Dalam program ini, peserta tidak hanya akan belajar Bahasa Inggris, namun juga akan mengikuti berbagai program cultural yang akan memberikan pengalaman yang sangat berharga .
Siapa saja yang berhak mendaftar dan apa persyaratannya?
IELSP terbuka untuk mereka yang :
• Berumur 19-24 tahun
• Aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5 keatas) di perguruan tinggi dimanapun di seluruh Indonesia (BELUM DINYATAKAN LULUS atau MENEMPUH SIDANG KELULUSAN)
• Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dengan nilai TOEFL® baik International TOEFL® atau TOEFL® ITP minimal 450 (Bukan Prediction Test). Bagi yang belum tahu apa itu TOEFL® silahkan buka postingan saya yang ini
• Memiliki prestasi akademik yang baik
• Aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi
• Memiliki komitmen penuh untuk segara kembali ke tanah air segera setelah program ini selesai
• Tidak memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau Negara lain selain Indonesia
• Memiliki sifat- sifat: aktif, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri dan berfikiran luas.
• Menguasai computer
Dokumen- dokumen apa saja yang harus di sertakan dalam formulir pendaftaran?
Pendaftar harus melampirkan dokumen- dokumen berikut dalam formulir pendaftaran yang telah di lengkapi :
• 1 (satu) buah pasfoto berwarna ukuran 4x6
• 1 (satu) buah fotokopi Kartu Identitas (KTP)
• 1 (satu) buah surat keterangan resmi dari universitas bahwa yang bersangkutan masih aktif terdaftar di Universitas tersebut
• Transkrip nilai dari semester 1
• 1 (satu) buah fotokopi Ijasah SMA (tidak perlu di terjemahkan)
• 1 (satu) buah fotokopi Daftar Nilai Ujian SMA (tidak perlu diterjemahkan)
• 1 (satu) buah surat Referensi dari dosen di Universitas – menggunakan form khusus yang terlampir dalam formulir pendaftaran. Form referensi yang telah di lengkapi harap di masukan kedalam amplop tertutup dan disertakan bersama Formulir Pendaftaran yang telah dilengkapi. Surat referensi dari Dosen Matakuliah Bahasa Inggris lebih baik.
• 1 (satu) buah fotokopi nilai TOEFL® (International TOEFL® atau TOEFL® ITP)
Bagaimana cara mendaftar?
Untuk mendaftar, para peserta dapat mengambil formulir di kantor Indonesian International Education Foundation (IIEF), Menara Imperium Lt.28 Suite B, Jl. HR Rasuna Said Kav 1, Jakarta 12980. Buat peserta di luar Jakarta seperti saya, formulir dapat juga di download di sini
Formulir yang telah dilengkapi dan disertai oleh dokumen persyaratan di alamatkan ke :
IELSP
Indonesian International Education Foundation (IIEF)
Menara Imperium Lt.28 Suite A&B
Jl. HR Rasuna Said Kav 1 Kuningan
Jakarta 12980
(harap menuliskan IELSP di sudut kiri atas amplop)

Selesai seminar hari itu, saya pulang kerumah dengan pikiran yang masih tidak tentu, karena saya sangat excited dengan program beasiswa ini tapi saya juga ragu apakah saya bisa terpilih. Keesokan harinya saya pergi ke UPT Bahasa Kampus saya untuk mendaftar test TOEFL® ITP, berbekal uang jajan saya Rp. 350.000 saya mendaftar test tersebut. Test nya tanggal 24 September 2011 jam 11.00 wib, yang ikut test kebanyakan dari FKIP jurusan Bahasa Inggris, jumlah peserta lebih kurang 20- an orang.

Setelah test, setiap hari saya berdoa, karena ini pertama kalinya saya ikut test TOEFL ITP, biasanya hanya Prediction test itu pun hanya tidak jauh- jauh dari 400-an, terakhir saya ikut prediction test scorenya hanya 452. Tetapi Alhamdulillah setelah 1 minggu sertifikatnya keluar dengan score 470, walaupun tidak terlalu tinggi, tetapi cukuplah buat mendaftar IELSP.

Hari itupun saya langsung mendownload form pendaftaran IELSP dan melengkapi persyaratannya. Ternyata mengisi form itu tidak semudah yang saya bayangkan, bahkan saya sempat beberapa kali merevisi form itu dan Alhamdulillah sekarang telah selesai, yang akan segera saya kirimkan tanggal 1 November 2011, karena deadline nya tanggal 18 November 2011. Setelah ini yang harus saya lakukan hanya banyak- banyak berdoa kepada ALLAH SWT serta bertwakal, semoga berkas saya lolos seleksi, dan saya dapat panggilan wawancara. AMIN.
Oiya, hanya sekedar informasi, IELSP yang saya ikuti ini adalah Cohort X, semoga postingan ini bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi Cohort selanjutnya yang ingin mendaftar. Amin Lagi.
Back to Top