TOEFL®



Apakah yang di maksud dengan TOEFL®??
TOEFL® adalah singkatan dari The Test of English as a Foreign Language™, yaitu merupakan test standar yang di kenal di seluruh dunia. TOEFL® sendiri di gunakan untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris orang- orang yang bahasa aslinya bukanlah bahasa Inggris.
Test TOEFL® terdiri dari dua macam yaitu : International TOEFL® dan Institutional Testing Program (TOEFL® ITP). Sebelum memutuskan untuk mengikuti test TOEFL® yang ingin di ambil, para peserta sebaiknya memutuskan secara hati- hati untuk apa score TOEFL® tersebut akan mereka gunakan.
Mahasiswa yang memerlukan score TOEFL® untuk syarat masuk ke Universitas maka harus mengikuti International TOEFL®. Sejak April 2006, format International TOEFL® telah berubah menjadi Internet-Based Testing (iBT) dimana di dalamnya mengandung: Listening, Speaking, Reading dan Writing.
TOEFL® ITP berbeda dari program test TOEFL® yang lainnya, karena test ini memberikan institusi suatu kualitas dan kesempatan untuk mengurus test TOEFL® mereka sendiri dan untuk menggunakan fasilitas serta staff mereka sendiri. Sejak TOEFL® ITP tidak lagi sepenuhnya menjamin test, maka score tidak lagi di gunakan sebagai syarat, tetapi hanya di gunakan untuk laporan bagi institusi yang memerlukan.
Setiap tahunnya, lebih dari 1.500 institusi dan agensi dari seluruh dunia mengurus lebih dari 350.000 test ITP menggunakan fasilitas dan staff mereka.
Di Indonesia sendiri, TOEFL® ITP di kelola oleh The Indonesian International Education Foundation – IIEF, mewakili ETS.
Siapa saja yang menggunakan TOEFL® ITP?
• Universitas dan Perguruan Tinggi
Banyak Universitas dan Perguruan Tinggi bergengsi di Indonesia telah menggunakan TOEFL® ITP sebagai bagian dari tes masuk bagi mahasiswa baru.
Beberapa lulusan dan Program Profesional juga menggunakan score TOEFL® ITP sebagai persyaratan untuk lulus.
Kenyataannya, TOEFL® ITP telah di gunakan secara meluas oleh banyak Universitas dan Perguruan Tinggi sebagai Test kecakapan Inggris untuk mengevaluasi tenaga pengajar serta anggota di fakultas mereka.
• Institusi Bahasa
TOEFL® ITP bisa digunakan untuk menempatkan mahasiswa di level yang sesuai atau menilai kecakapan di awal hingga akhir dari kursus.
Selain itu, juga bisa di gunakan untuk menentukan kesiapan akademik juga untuk mengukur keefektifan suatu program
TOEFL® ITP bisa di gunakan untuk memprediksi bagaimana mahasiswa akan melaksanakan International TOEFL®. Hanya score TOEFL® ITP yang bisa secara akurat sebanding dengan score International TOEFL®.
• Penyumbang Beasiswa
Kebanyakan penyumbang yang menawarkan beasiswa baik lokal maupun international kapada mahasiswa Indonesia memerlukan TOEFL® ITP dengan tujuan pemetaan.
• Agensi Pemerintahan
Banyak departemen dan agensi pemerintahan di Indonesia saat ini menggunakan TOEFL® ITP untuk memetakan staf mereka sebagai pertukaran pegawai keluar negeri serta untuk mengevaluasi kecakapan inggris para staf professional dan membuat keputusan tugas.
• Perusahaan
Dalam beberapa tahun terakhir, telah ada peningkatan yang signifikan jumlah perusahaan yang menggunakan TOEFL® ITP untuk tujuan HR (Human Resources)
Banyak perusahaan utama, serta lokal dan multinasional, menggunakan TOEFL® ITP sebagai alat untuk pemetaaan saat perekrutan staf baru. Beberapa menggunakan TOEFL® ITP untuk membuat keputusan mengenai kenaikan jabatan sebagai managerial staf mereka.
TOEFL® ITP mengukur kemampuan mendengar peserta dari level sedang hingga tinggi. Tes berlangsung selama 2 jam menggunakan konteks akademik untuk mengevaluasi kemampuan peserta dalam tiga sesi.
(Listening Comprehansion) Sesi Listening – 50 soal
Sesi ini ialah untuk mengukur kemampuan dalam mengerti inggris yang di ucapkan oleh orang inggris asli. Sesi ini terdiri atas tiga bagian yang masing- masing di lakukan melalui audio, yaitu percakapan pendek, percakapan panjang, dan bicara singkat atau perkuliahan.

(Structure & Writing Expression) Struktur & Menulis Ungkapan – 40 Soal
Sesi ini di rancang untuk mengukur kemampuan para peserta dalam mengenal bahasa yang sesuai.
(Reading Comprehension) Sesi Membaca – 50 Soal
Pada sesi ini di rancang untuk mengukur kemampuan dalam membaca dan mengerti bacaan pendek yang sama dengan topik dan gaya yang di temukan di Universitas dan Perguruan tinggi di Amerika. Peserta membaca berbagai macam bacaan pendek dalam subjek akademik. Masing- masing bacaan di ikuti dengan beberapa pertanyaan tentang bacaan tersebut. Untuk menghindari terciptanya keuntungan individu dalam setiap satu bidang studi, maka konteks disajikan sedemikian rupa sehingga tidak ada subjek pokok yang memiliki keakraban spesifik dengan pokok materi dalam menjawab pertanyaan.
Sistem Penilaian?
Institusi akan dikirimi tiga tipe laporan score yaitu : laporan score untuk institusi, laporan score untuk peserta bersangkutan (sertifikat) dan daftar nama semua peserta beserta hasil testnya untuk keperluan administrasi
Skala Score : 310 – 677
Dalam mengikuti test TOEFL® baik yang Prediksi maupun ITP, ada trik- trik tertentu yang dapat dilakukan. Anda bisa melihatnya di postingan selanjutnya.
Back to Top